Berita Dunia Inspirasi

Cari Tahu: Berkumur Saat Puasa Batal atau Tidak?

Neodamail - Cari Tahu: Berkumur Saat Puasa Batal atau Tidak?, Bln yg ditunggu – tunggu kenikmatannya oleh semua umat Islam didunia telah tiba. Mudah-mudahan kita tetap dikasih usia utk dapat melintasi bln Ramadhan di thn ini. Aamiin. 
Berkumur Saat Puasa Batal atau Tidak?

Tetapi biar lebih afdol lagi untuk menjalankan ibadah puasa nanti, kita mesti memperhatikan faktor – faktor yg dapat membatalkan puasa. Dari beberapa hal itu, berkumur ketika wudhu di bln puasa menjadi bahasan yg masih membingungkan & belum mendapatkan jawaban secara pasti. utk lebih mengetahui jawabannya supaya tak memunculkan ragu yg berkelanjutan, berikut akan dibahas batal tidaknya berkumur waktu wudhu di bln puasa, ditilik dari hadits – hadits Rasulullah saw. 

Ketika melakukan kumur, dapat saja sebagian kecil air yg dikumur – kumurkan itu bersatu dgn air ludah, maka waktu menelan ludah secara tak sadar air itu terminum, & secara logika menyimpulkan puasa menjadi batal. Tetapi kalau meneliti dari hadits Rasulullah saw. dapat ditemukan sekian banyak riwayat yg membolehkan seseorang berkumur, asal jangan sampai berlebihan maka benar – benar ada yg masuk ke dalam kerongkongan

Rasulullah saw. bersabda : dari Umar bin Al – Khatab ra. berkata, “Suatu hri saya beristirahat & mencium istriku sedangkan saya berpuasa. Lalu saya datangi Nabi saw. & tanya, ‘Aku sudah melakukan sesuatu yg fatal hri ini. Saya sudah mencium dalam kondisi berpuasa.’” Rasulullah saw. pun menjawab, “Tidakkah anda tahu hukumnya bila anda berkumur dalam kondisi berpuasa?” Aku menjawab, “Tidak membatalkan puasa.” Rasulullah saw. menjawab, “Maka mencium itu pun tidak membatalkan puasa.” (HR. Ahmad & Abu Daud). 

Selanjutnya hadits lain menyebut. Dari Ibnu Abbas ra, “Tidak mengapa seseorang yg berpuasa utk mencicipi cuka atau masakan lain, selagi tidak masuk ke kerongkongan.” (HR. Bukhari secara muallaq dgn sanad yg hasan 3/47). Juga tidak batal kalau seseorang bersiwak. Layaknya hadits berikut. Dari Nafi’ dari Ibnu Umar ra. bahwa ia memandang tidak mengapa seorang yg puasa bersiwak. (HR. Abu Syaibah dgn sanad yg shahih 3/35). 

Nah sudah tahu khan sobat ternyata Berkumur Saat Puasa itu tidak membatalkan puasa asal tidak berlebihan dan tidak diniati dengan meminum walaupun sedikit airnya.

oke mungkin itu saja yang bisa admin bagikan, selamat berpuasa kawan.

Back To Top