Berita Dunia Inspirasi

Indramayu Kota Wisata di Jawa Barat

Indramayu Kota Wisata, Indramayu adalah sebuah kabupaten yg ada di jawa barat. Tidak hanya oleh-olehnya yg khas yakni mangga, di indramayu juga memiliki wisata yg akan membuat kita berdecak kagum oleh keindahannya, mulai dari obyek wisata menarik seperti pantai, situ dan pulau, hingga wisata sejarah.
Indramayu Kota Wisata

Indonesia memang tidak hanya terkenal dgn kulinernya saja yg enak & mantap namun juga wisatanya yg banyak sekali membuat orang tertarik & selalu ingin berkunjung baik itu wisatawan dari dalam negeri maupun luar negeri. Nah saat kita berkunjung ke Indramayu jangan lupa singgah di tempat-tempat wisata menarik serta indah yg tidak ditemukan di kota-kota lainnya, berikut ini adalah tempat wisata yang harus dan wajib untuk kita kunjungi bila berkunjung ke Indramayu kota wisata.

1. Pantai Tirtamaya
Indramayu Kota Wisata
Pantai Tirtamaya di Desa Juntinyuat, Kecamatan Juntinyuat, Indramayu. Tempat wisata ini masih menjadi andalan Pemkab Indramayu untuk menarik banyak wisatawan untuk bisa berkunjung ke Kabupaten Indramayu.

Sekarang pantai ini kabarnya juga sudah menjadi pintu masuk menuju pulau biawak. Tentu saja pantai ini sedang digarap secara serius oleh Pemkab Indramayu untuk dijadikan destinasi wisata yang lebih menarik.

Disini kita bisa bermain air dipantai atau hanya sekedar menikmati suasana pantai.

2. Pulau Biawak
Indramayu Kota Wisata
Saat mengunjungi pulau ini, kita akan disambut dengan menara mercusuar kuno yang di bangun oleh ZN. Willem pada tahun 1872. Pulau ini menjadi destinasi wisata yang patut kita kunjungi karena keindahan yang ditawarkannya. Pulau ini mempunyai taman laut dengan ikan hias yang indah serta terumbu karang yang asri.

Pulau ini juga dikelilingi pantai berpasir putih dengan ditanami tanaman bakau dan mangrove yang cukup lengkap jenisnya. Seperti namanya, disini kita juga akan disambut oleh koloni biawak yang tersebar.

kita bisa melakukan banyak hal disini seperti memancing, snorkeling dan wisata petualangan. Pulau biawak mempunyai luas 120 ha terletak 40 km sebelah utara Kota Indramayu yang dapat di jangkau dengan perahu nelayan.

3. Pantai Balongan Indah
Indramayu Kota Wisata
Pantai Balongan Indah tergolong tempat wisata baru di Indramayu. Pantai ini memang belum seterkenal pantai-pantai lain, tapi pantai ini sudah cukup bisa mempesona kita saat mengunjunginya.

Disini kita bisa menikmati sunset dan sunrise dengan seksama karena bibir pantai yang cukup panjang dan luas. Selain itu, disini biasanya juga ada kapal-kapal nelayan yang bersandar yang menambah kecantikan pemandangan pantai ini.

4. Pantai Glayem
Indramayu Kota Wisata
Pantai Glayem sangat mempesona dengan ombak yang relatif lebih kecil sehingga kita bisa bermain air dengan nyaman. Saat ini pantai ini juga tengah dibangun pemecah dan penahan ombak.

Disini kita bisa menikmati keindahan pantai sambil menaiki perahu bermotor yang siap membawa kita berkeliling. Selain itu, ditepi pantai juga banyak penjual jasa penyewaan ban untuk berenang dan kereta wisata untuk mengitari pantai.

Di pantai Glayem, kita juga akan dimanjakan dengan wisata kuliner dengan menu khas olahan laut ala Glayem.

5. Pantai Karangsong
Indramayu Kota Wisata
Selain menikmati pemandangan pantainya yang indah, kita juga bisa melihat kesibukan para nelayan yang sedang membongkar ikan hasil tangkapan. Ini menjadi daya tarik tersendiri dari Pantai ini. kita juga bisa membeli ikan yang masih fresh dan baru ditangkap ini ditempat pelelangan ikan yang ada di dekat sini.

Hal yang cukup langka ditemukan dipantai-pantai lain, disini kita juga bisa melihat aktivitas para pekerja dan perajin yang sedang membuat perahu atau kapal disepanjang jalan menuju Pantai Karangsong. Wuh sangat luar biasa.

Dikawasan ini juga ada hutan mangrove yang memiliki daya tarik wisata tersendiri. Untuk menuju hutan mangrove ini, pengunjung harus menggunakan sarana transportasi perahu milik nelayan. Disini kita bisa menyusuri hutan mangrove dan melihat berbagai jenis mangrove dilahan seluas lebih 25 hektar. Selain itu, disini kita juga bisa memancing, karena kabarnya dihutan ini menjadi tempat udang dan ikan besar bersemayam.

6. Pantai Lemah Abang Eretan
Indramayu Kota Wisata
Pantai ini sangat mudah dijangkau oleh kita karena lokasinya sangat dekat dari jalur Pantai Utara. Pantai ini juga dikelilingi oleh batu penahan ombak. Keunikan dan daya tarik tersendiri dari pantai ini adalah tanahnya yang berwarna kemerahan. Saat matahari sedang terik, tanah merah di pantai ini akan terlihat sangat jelas.

7. Situs Buyut Banjar
Indramayu Kota Wisata
Di tempat yang satu ini kita akan mendapatkan puluhan ekor kera yang katanya tak pernah berubah jumlahnya, yaitu 41 ekor, letaknya berada di desa Bulak kecamatan Jatibarang.

8. Taman Cimanuk
Indramayu Kota Wisata
Lokasi taman ini terdapat jalan veteran Indramayu atau tepat di belakang masjid agung Indramayu atau di bawah Jembatan utama dekat Pendopo Indramayu. Selain itu, taman yang menjadi ikon baru kota Indramayu ini dilengkapi dengan sampan yang terbuat dari bambu yang disandarkan di tengah-tengah sungai. Sayangnya sampan ini hanya berupa hiasan tidak bisa digunakan untuk mengitari Sungai Cimanuk tersebut.

Tapi kita tetap bisa menikmati berbagai kenyamanan dan keindahan tatanan taman ini.

9. Makam Raden Arya Wiralodra Indramayu
Indramayu Kota Wisata
Makam yang satu ini suka dijadikan tempat untuk berziarah bagi para wisatawan, tempatnya yang berada di luas tanah 320 m2 yang diberikan pagar tembok yang tingginya mencapai 1,5 m. Tempat ini berada di daerah Dermayu kecamatan Sindang.

Nah selain tempat wisata diatas sebenarnya masih banyak tempat wisata di indramayu yang menarik. Mungkin itu dulu yang bisa admin bagikan tentang Indramayu Kota Wisata, semoga bermanfaat ya teman.
Back To Top