Berita Dunia Inspirasi

Tips dan Cara Mudah Merawat Rem Mobil Agar Tetap Awet

Neodamail - Tips dan Cara Mudah Merawat Rem Mobil Agar Tetap Awet, Setelah sebelumnya admin berikan informasi tentang MK Kashiyama Merek Spare Part Mobil untuk Rem Cakram, Rem Tromol dan Kampas Rem Berkualitas Terbaik di Indonesia, kali ini admin juga akan membeberkan tips bagaimana sih agar rem mobil kita bisa awet dan cara seperi apakah yang bisa membuatnya awet. Berikut ulasan selengkapnya!
Tips dan Cara Mudah Merawat Rem Mobil Agar Tetap Awet

Tips & cara merawat rem mobil penting utk kita ketahui bagi yg memiliki mobil. Karena Rem adalah salah satu komponen terpenting pada mobil yg berfungsi sebagai alat utk menahan laju mobil kita. Kondisi rem pada mobil kita dapat saja tergantung pada cara kita utk merawatnya. Apabila kita mengabaikan perawatan rem mobil ini maka dapat jadi kinerjanya tdak optimal. & hal ini tentu saja dapat mengancam keselamatan pengendara & orang lain di sekitar kita. Seperti beberapa kasus kecelakaan yg terjadi akibat rem blong.

Rem mobil juga tergantung dari cara kita mengemudikan mobil & kondisi dijalan raya yg semakin macet dari hari ke hari. Utk perawatan rem mobil ini sendiri sebenarnya tdak terlalu sulit asalkan kita tahu cara merawat rem mobil yg baik & benar. Meskipun sebenarnya merawat rem mobil yg dilakukan sendiri sedikit repot karena kita harus melepas keempat roda mobil kita. Pada rem mobil terdapat dua jenis Disk Brake & tromol.

Berikut ini beberapa Tips & Cara Merawat Rem Mobil

Setiap seminggu sekali kita wajib utk memeriksa kondisi minyak rem agar tdak kosong. Apabila terjadi pengurangan minyak rem dari batas minimal sebaiknya di cek apakah terjadi kebocoran pada saluran/selang minyak rem mobil kita. Karena pada kondisi normal, pengurangan minyak rem mobil tdak terjadi dgn cepat. Minyak rem mobil berkurang seiring dgn semakin menipisnya kanvas rem mobil. Rekomendasi dari produsen mobil, umumnya minyak rem harus diganti setelah mencapai 40.000 km atau sekitar 2 tahun. Tetapi ini berlaku utk pemakaian mobil pada kondisi normal. Tetapi jika kinerja rem mobil berat atau frekuensi penggunaan rem mobil tinggi akibat jalan yg macet maka sebaiknya diganti lebih cepat utk lebih jelasnya konsultasikan dgn bengkel langganan kita.

Utk rem cakram: Selanjutnya lepas kampas rem/pad dari dudukannya & gunakan ampelas kasar, kuas atau sikat utk membersihkan permukaanya. Lalu gunakan pembersih karbon yg khusus rem atau biasa disebut (Brake Cleaner) atau jika ingin irit dapat juga dgn menggunakan bensin. Setelah itu berikan stempet, gemuk atau pelumas di besi penahan pada bagian belakang kampas rem. Hal ini harus dilakukan dgn hati-hati jangan sampai terkena pada permukaan kampas rem yg bersinggungan langsung dgn cakram. Setelah itu kita dapat pasang kembali kampas rem.

Utk rem tromol: Lepaskan dulu tutup tromolnya. Setelah itu langkah yg harus dilakukan sama seperti membersihkan pada rem cakram dgn menggunakan amplas atau cairan khusus pembersih rem. Lalu pasang kembali tutup tromol sesuai dgn keadaan semula.

Itulah Tips & Cara Merawat Rem Mobil jika kita ingin mengerjakannya sendiri. Namun jika kita masih ragu dgn keakuratan hasil kerja kita memang sebaiknya merawat rem mobil diserahkan ke ahlinya di bengkel langganan kita
Tag : Mobil, Teknologi, Tips
Back To Top