Berita Dunia Inspirasi

Sailfish OS yang ada di Ponsel Jolla mulai dipasarkan tahun ini

Sailfish OS yang ada di Ponsel Jolla mulai dipasarkan tahun ini - Bosan dengan sistem operasi mainstream yang beredar saat ini? Sailfish OS sudah mulai dipasarkan lho, jadi untuk anda yang menginginkan ponsel anti mainstream, sepertinya patut menunggu ponsel bernama Jolla ini.
Sailfish OS yang ada di Ponsel Jolla

Cerita munculnya Sailfish OS tak lepas dari nama besar Nokia. Setelah  mengalami kemunduran di pertarungan pasar smartphone, Nokia kemudian membentuk tim untuk membuat sistem operasi terbaru bernama Maemo yang kemudian berubah menjadi MeeGo. Kemudian di tahun Februari 2011, Nokia memilih Windows Phone dari Microsoft sebagai basis sistem operasi yang digunakan.

Dari situlah, tepatnya pada bulan Oktober 2011, beberapa tim yang menangani project MeeGo Nokia akhirnya mundur untuk membentuk Jolla. Perusahaan ini juga berbasis di Finlandia, seperti halnya Nokia yang divisi mobile nya sekarang diakuisisi Microsoft. Dilaporkan GizChina, Jolla smartphone sudah memulai debut di India dengan banderol harga berkisar 270 USD atau sekitar 3,2 juta rupiah.

Spesifikasi smartphone Jolla ini dibekali dengan layar 4.5 inci dengan resolusi qHD 540 x 960 piksel. Hardware nya sendiri menggunakan Qualcomm Snapdragon 400, prosesor quad-core dengan clock speed maksimal 1.4 GHz. Selain itu, ponsel ini juga ditopang oleh Ram 1 GB dengan memori internal cukup lega, 16 GB dengan slot microSD untuk perluasan kapasitas penyimpanannya.

Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan kamera 8 megapiksel dan kamera 2 megapiksel di depan dengan tenaga baterai sebesar 2100 mAh. Jika harus dibandingkan dengan ponsel berbasis Android, Jolla smartphone ini bisa diklasifikasikan kedalam kelas menengah.

Seperti sistem operasi Blackberry 10, Sailfish OS juga bisa menjalankan aplikasi Android. Bagaimana menurut anda? Menarik?

Sumber dari artikel Sailfish OS yang ada di Ponsel Jolla mulai dipasarkan tahun ini adalah http://simomot.com/
Back To Top