Berita Dunia Inspirasi

Kisah Puncak Tusuk Gigi Tempat Eri Yunanto Terakhir Berfoto dan Terjatuh

Neodamail - Kisah Puncak Tusuk Gigi Tempat Eri Yunanto Terakhir Berfoto dan Terjatuh, Eri Yunanto (21), Mahasiswa Teknik Industri yg terjatuh ke dalam kawah Gunung Merapi sedalam 300 m saat melaksanakan pendakian ke puncak Merapi, Sabtu (16/5) sekarang ini masih dalam step pencarian & evakuasi oleh tim SAR. Eri diduga terjatuh sebab terpeleset kala di puncak. Sementara itu, belum ada informasi resmi dari tim SAR tentang kondisi Eri. 
Kisah Puncak Tusuk Gigi Tempat Eri Yunanto Terakhir Berfoto dan Terjatuh

Photo terakhir & detik-detik terjatuhnya Eri tersebut ternyata sempat diabadikan oleh pendaki lain. Seseorang pendaki dgn akun Instagram @bagusdeni pernah memotret Eri yg sedang berada di puncak Garuda. Poto tersebut belum dapat dikonfirmasikan ke akun @bagusdeni. 

Seperti diberitakan, satu orang mahasiswa Atmajaya Yogyakarta Eri Yunanto warga Kampung Mbiru Sleman dilaporkan jatuh ke dalam kawah Gunung Merapi, Sabtu (16/5) kurang lebih pukul 11.00 WIB. 

Menurut Kepala Polsek Selo AKP Yadiyo, Tim SAR gabungan sampai saat ini tetap melaksanakan pencarian korban di puncak Gunung Merapi tersebut. 

Kapolsek menuturkan korban pada awal mulanya melakukan pendakian ke puncak Merapi dgn lima orang temannya lewat Dukuh Plalangan, Desa Lencoh Selo Boyolali, Jumat (15/5) kira kira pukul 22.30 WIB. 

Keenam pendaki tersebut setibanya di Pos II terpisah, yaitu tiga mendirikan tenda & tiga yang lain melanjutkan perjalanan ke ruang Pasar Bubrah. Korban dengan dua orang temannya tiba di Pasar Bubrah, Sabtu (16/5) kira kira pukul 03.30 WIB, & ketiganya sempat istirahat. 

Korban dgn satu temannya setelah itu meneruskan perjalanan ke puncak Merapi, satu yang lain menunggu istirahat di tenda Pasar Bubrah. Korban & satu temannya kurang lebih pukul 11.00 WIB tiba di puncak Garuda, & sempat berfoto. 

Tetapi, korban saat berjalan turun dari puncak terpeleset & jatuh ke arah selatan ke dalam kawah. Sahabat korban kemudian turun meminta tolong pendaki yang lain di Pos II buat melaporkan kejadian itu, ke Pegawai di base camp New Selo. 

Tim SAR gabungan baru mampu melakukan pencarian Minggu pagi, mengingat di tempat kejadian medan amat sangat berat & berbahaya maka pencarian tak memungkinkan dilakukan malam hri. 

Utk pecinta alam yg pernah melakukan pendakian di Gunung Merapi sebelum erupsi thn 2010, pasti tak asing dgn nama Puncak Garuda. Ini adalah puncak teratas di Gunung Merapi yg menyerupai lambang garuda yg bertengger di bibir kawah. 

Dulu sebelum erupsi Merapi 2010, puncak inilah yg jadi tujuan para pendaki buat berpose menunjukkan kegagahan lambang garuda. Erupsi besar yg berlangsung di Gunung Merapi pada 2010 menyebabkan runtuhnya puncak ini. Dalam beberapa erupsi diawal mulanya, puncak ini tidak tergoyahkan kekokohannya. 

Sesudah erupsi 2010, Puncak Garuda hilang dan tinggal menyisakan beberapa bagian saja. Nama yg diberikan pada bekas puncak ini pun berganti jadi Puncak Tusuk Gigi lantaran wujudnya yg runcing seperti tusuk gigi. 

Puncak ini adalah lokasi yg terkenal ekstrem oleh para pendaki. Puncak inilah yg dipanjat oleh Eri Yunanto mahasiswa yg jatuh ke kawah Gunung Merapi. 

Update Post:

Back To Top