Berita Dunia Inspirasi

Stop!!! Jangan Tidur Sehabis Sahur, Ini Penjelasan Medisnya

Neodamail - Stop!!! Jangan Tidur Sehabis Sahur, Ini Penjelasan Medisnya, Tidur sehabis makan yaitu faktor yg menurut ilmu kedokteran tak boleh dilakukan. Terkadang kita akan merasa teramat ngantuk sehabis sahur & mau cepat tidur, tapi faktor ini disebutkan justru mampu memunculkan beberapa penyakit. Kenapa demikian? 
Stop!!! Jangan Tidur Sehabis Sahur

Dilansir Klikdokter.com, sesudah kita konsumsi makanan, system pencernaan kita membutuhkan beberapa waktu utk mencerna makanan & menyerap nutrisi yg ada di dalam makanan dgn baik. 

Berkenaan dgn ini, ada sekian banyak kategori makanan yg dapat dicerna dgn mudah misalnya yakni nasi atau kentang, tetapi ada beberapa tipe makanan yg lama utk dicerna seperti daging & makanan gorengan. 

Keadaan makin diperparah saat makanan belum tercerna dgn baik di perut, tetapi setelah itu kita tidur. Pasalnya, system pencernaan kita pun melambat ketika tidur.

Dari kondisi tersebut, muncul beberapa penyakit yang berisiko timbul apabila kita langsung tidur habis makan, yakni:

Nyeri Ulu Hati
Tidur terlentang setelah makan merupakan hal yang sering dilakukan oleh kita karena tak dapat dipungkiri, rasanya sangat nyaman.

Namun ternyata hal ini justru membuat sistem pencernaan kita sulit untuk bekerja. Terkadang dapat muncul nyeri panas di daerah ulu hati. Hal ini terjadi karena adanya peningkatan asam lambung.

Rasa panas ini bisa menyebar ke dada dan tenggorokan sehingga dapat menggangu tidur dan dapat memicu timbulnya penyakit GERD dan maag.

Refluks
GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) merupakan penyakit yang timbul akibat kelemahan dari katup antara lambung dan kerongkongan.

Hal ini menyebabkan asam lambung naik ke dalam kerongkongan dan menimbulkan gejala berupa rasa terbakar di dada. Apabila Anda sudah memiliki GERD maka langsung tidur sehabis makan dapat memicu timbulnya hal ini.

Jadi, tidur sehabis sahur atau bahkan berbuka puasa bisa menimbulkan beberapa macam penyakit dari refluks, konstipasi hingga kembung.

Oleh karena itu ada baiknya Anda tidak langsung tidur sehabis sahur, berikanlah jarak 1-2 jam untuk tidur lagi. Waktu tersebut bisa Anda gunakan untuk ibadah ataupun olahraga sebentar seperti berjalan.

Penting juga saat sahur sebaiknya mengkonsumsi makanan yang rendah akan kandungan lemak dan hindari makan dengan porsi yang besar.
Back To Top