Berita Dunia Inspirasi

Tidurnya Orang Berpuasa Adalah Ibadah

Neodamail - Tidurnya Orang Berpuasa Adalah Ibadah, Mungkin Saja sebab kurang tidur atau benar-benar doyan, puasa sering kali diisi oleh kegiatan tidur bagi sebagian besar orang Islam yg sedang menjalankan ibadah satu bln ini. Alasannya, ada hadist-nya lho. Benarkah? 
Tidurnya Orang Berpuasa Adalah Ibadah

“Tidurnya orang yg berpuasa ialah ibadah, diamnya merupakan tasbih, do’anya dikabulkan, & amalannya juga dapat dilipatgandakan pahalanya.” 

Hadits ini diriwayatkan oleh Al Baihaqi di Syu’abul Iman (3/1437). 

Hadits ini dhaif, sama seperti dikatakan Al Hafidz Al Iraqi dalam Takhrijul Ihya (1/310). Al Albani pula mendhaifkan hadits ini dalam Silsilah Adh Dha’ifah (4696). 

Terdapat serta riwayat yg lain : “Orang yg berpuasa itu selalu dalam ibadah walaupun sedang tidur di atas ranjangnya.” 

Hadits ini diriwayatkan oleh Tammam (18/172). Hadits ini pun dhaif, sama seperti dikatakan oleh Al Albani di Silsilah Adh Dhaifah (653). 

Yg benar, tidur yakni perkara mubah (boleh) & bukan ritual ibadah. Sehingga, layaknya perkara mubah yg lain, tidur bisa bernilai ibadah bila diniatkan sbg alat penunjang ibadah. Contohnya, seorang tidur dikarenakan khawatir tergoda utk berbuka sebelum waktunya, atau tidur utk mengistirahatkan badan supaya kuat dalam beribadah. 

Sebaliknya, tidak setiap tidur orang berpuasa itu bernilai ibadah. Sebagai contoh, tidur dikarenakan malas, atau tidur sebab kekenyangan sesudah sahur. Keduanya, pasti tak bernilai ibadah, bahkan dapat dinilai sbg tidur yg tercela. Maka, hendaknya seseorang menjadikan bln Ramadhan sbg peluang baik buat memperbanyak amal kebaikan, bukan bermalas-malasan.
Tidurnya Orang Berpuasa Adalah Ibadah

Soo jangan salah mengartikan ya sob, pergunakanlah waktu semaksimal mungkin untuk mendapatkan ridho dari ALLAH SWT agar ibadah puasa kita bisa diterima oleh-Nya.

oke mungkin itu saja yang bisa admin kutip dari islampos.com tentang Tidurnya Orang Berpuasa Adalah Ibadah, semoga bermanfaat.
Back To Top