Berita Dunia Inspirasi

4 Kegunaan Minyak Kelapa untuk Kecantikan

Neodamail - 4 Kegunaan Minyak Kelapa untuk Kecantikan, Minyak kelapa sering dijadikan pilihan utk memasak karena kandungan lemak baiknya. Tapi tahukah Kita bahwa minyak kelapa juga dapat dimanfaatkan utk keperluan kecantikan tubuh? Lemak minyak kelapa mengandung medium chain triglycerides yg dapat meningkatkan metabolisme tubuh & asam laurat. 50 persen kandungan lemak di minyak kelapa hampir semuanya adalah asam laurat yg sering juga disebut sebagai senyawa ajaib.
4 Kegunaan Minyak Kelapa untuk Kecantikan

Tubuh kita akan mengubah asam laurat ini menjadi monolaurin, yg terbukti dalam penelitian yg dipublikasikan oleh National Institute of Health memiliki kandungan anti mikroba , anti virus, & anti protozoa. Minyak kelapa juga punya segudang manfaat utk kesehatan seperti menjaga kesehatan jantung, meningkatkan laju metabolisme, menjaga massa tubuh, mengontrol diabetes tipe 2, & menjaga sistem kekebalan tubuh.

Di dunia kecantikan, minyak kelapa juga punya banyak manfaat. Berikut ini empat kegunaan minyak kelapa utk kecantikan.

1. Utk Merawat Kulit Kepala & Rambut
Aplikasikan minyak kelapa ke rambut yg kering. Maka nutrisi rambut dapat terpenuhi & masalah rambut bercabang dapat diatasi. Kita perlu menggosokkan minyak kelapa ke kulit kepala Kita secara merata, tdak sekadar dioleskan saja. Gunakan secukupnya, jangan sampai rambut jadi terlalu berminyak karena penggunaan minyak kelapa yg berlebihan.

2. Sebagai Deodorant
Ingin mencari alternatif lain selain deodorant yg biasa dijual di pasaran? Kita dapat menggunakan minyak kelapa. Meskipun tak dapat mengurangi keringat tubuh, tapi akan membuat kulit Kita lebih asam sehingga mencegah munculnya bakteri. Utk membuat deodorant ini, Kita perlu mencampurkan ¼ cangkir minyak kelapa cair dgn 1/8 cangkir tepung jagung, 1/8 cangkir bubuk sagu betawi (arrowroot), & 1 sdt baking soda. Campurkan dalam toples kecil, dinginkan dalam kulkas selama 15 menit. Baru simpan di suhu ruangan & siap utk digunakan sebagai deodorant dgn mengoleskannya langsung ke ketiak Anda.

3. Utk Pelembab
Minyak kelapa ini sangat baik utk kulit. And dapat mengatasi kulit kasar & bibir pecah-pecah dgn minyak kelapa. Cukup oleskan minyak kelapa ke bagian kulit yg kering. Daerah tumit, siku, & tangan yg sering kering juga dapat diolesi minyak kelapa agar kelembabannya tetap terjaga.

4. Sebagai Eye Makeup Remover
Minyak kelapa juga dapat menghapus riasan mata Anda. Teteskan minyak kelapa di atas kapas, lalu sapukan ke daerah mata Kita dgn lembut. Setelah itu bilas dgn air bersih. Minyak kelapa ini selain dapat menghapus sisa makeup juga dapat menutrisi kulit Anda. Jika Kita punya masalah dgn kulit mata yg sensitif, minyak kelapa dapat jadi solusinya.

Bagi ibu menyusui, minyak kelapa juga dapat dijadikan krim yg dapat dioleskan ke putting susu utk mencegah iritasi. Cukup lelehkan 2 sdt bubuk cokelat, 1 sdt minyak zaitun, & 2 sdt minyak kelapa. Krim ini dapat memperlancar regenerasi kulit & menjaga kelembaban kulit.

Minyak kelapa ternyata memang banyak manfaatnya ya. Selain dapat dikonsumsi, minyak kelapa juga dapat digunakan utk keperluan kecantikan tubuh
Back To Top